4 Faktor Penting Dalam Memilih Bisnis MLM Yang Baik

Mungkin Anda sering mendengar cerita “miring” tentang bisnis MLM. Namun, tahukah Anda bahwa yang Anda ketahui kemungkinan adalah bisnis ilegal atau sistem piramid. Bisnis sistem piramid berkedok MLM tidak memiliki produk. Kalaupun ada produk, biasanya hanya digunakan untuk merekrut anggota baru. Tentunya, Anda pasti tidak ingin terjebak pada bisnis piramid tersebut bukan?

Bisnis MLM menawarkan daya tarik besar. Misalnya, anggota atau distributor dapat menjalankan bisnis secara paruh waktu / part time. Selain itu, MLM memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk membangun jaringan bisnis dan menjanjikan pendapatan besar. Banyak kisah orang sukses berawal dari menjalankan bisnis MLM. Tapi, kesuksesan tersebut tidak diraih dalam waktu semalam. Butuh proses dan kerja keras secara konsisten.

Konsep bisnis MLM secara sederhana adalah mengalihkan dana iklan atau promosi menjadi komisi untuk para distributor nya. Distributor MLM biasanya adalah pengguna produk atau telah merasakan manfaat dari produk yang ditawarkan. Kekuatan marketing bisnis MLM terletak pada promosi “mulut ke mulut”.

Perlu diketahui bahwa, untuk menjalankan bisis MLM juga memerlukan biaya pada awalnya. Jika Anda tertarik untuk bergabung dalam bisnis MLM, maka Anda harus mempertimbangkan syarat berikut ini :
tips memilih mlm yang baik
Pertama, produk. Anda dapat memilih bisnis MLM yang produknya sesuai dengan minat Anda. Produk yang ditawarkan pun harus berkualitas dan bisa dipertanggung jawabkan misalnya sudah terdaftar di BPOM serta mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Selain itu, harga produk harus wajar sesuai dengan kualitas produk yang dijual. Produk yang berkualitas tinggi membangun kredibilitas dan reputasi sebuah perusahaan MLM.

Kedua, sejarah dan legalitas perusahaan MLM. Anda sebaiknya mencari informasi tentang perusahaan MLM yang ada di Indonesia. Perusahaan MLM yang bagus sudah berjalan paling sedikit tujuh tahun dan memiliki badan hukum yang jelas yaitu memiliki NPWP serta SIUPL. Di Indonesia, ada asosiasi yang menaungi bisnis jaringan dan penjualan langsung yaitu, APLI. Anda dapat mengunjungi situs www.apli.or.id untuk mengetahui daftar perusahaan yang sudah terdaftar dan legal.

Ketiga, sistem komisi dan bonus. Ada anggapan bahwa orang yang terlebih dahulu bergabung dengan bisnis MLM akan lebih sukses dibandingkan dengan downline di bawahnya. Jika Anda menemui MLM jenis ini, maka urungkan niat Anda untuk bergabung. Bisnis MLM yang baik menawarkan sistem komisi yang adil. Distributor dapat mendapatkan komisi langsung dari penjualan produk yang terbukti kualitasnya. Selain itu juga bisa memperoleh bonus penghasilan dari membangun jaringan yang aktif. Jadi, MLM yang bagus memberikan kesempatan bagi distributornya untuk bekerja keras mencapai kesuksesan secara finansial.

Keempat, support sistem. Bisnis MLM yang baik pasti memiliki support sistem yang aktif untuk membantu anggotanya baik yang baru maupun lama. Support sistem yang baik memberikan kemudahan bagi para anggotanya untuk melakukan promosi secara maksimal. Biasanya support sistem dapat diakses oleh para anggota MLM secara offline dan online.

Sekarang Anda sudah memiliki empat bekal untuk memilih bisnis MLM yang baik. Luangkan waktu Anda dan pelajari beberapa perusahaan MLM yang menarik minat Anda menggunakan cara-cara tersebut di atas. Harapannya, Anda bisa bergabung dengan bisnis MLM yang membantu meraih kesuksesan. Semoga berhasil.