Mari Mengenal Jenis dan Penyebab Penyakit Diabetes

Sebelum menuju topik pembahasan mengenai sebab-sebab penyakit diabetes, ada baiknya jika mengetahui apa saja macam diabetes terlebih dahulu. Ada tiga jenis penyakit diabetes yaitu :

Pertama, diabetes tipe 1. Diabetes jenis ini membutuhkan insulin setiap hari agar tetap bisa hidup. Pankreas hanya mampu memproduksi sedikit insulin atau bahkan tidak sama sekali. Beberapa gejala diabetes tipe 1 antara lain berat badan turun, sering buang air kecil, lapar, dan haus, serta mudah lelah.

Kedua, diabetes tipe 2. Perbedaan antara diabetes tipe 1 dan 2 terletak pada pankreas. Pada diabetes tipe 2, pankreas masih menghasilkan insulin. Akan tetapi, untuk beberapa sebab yang tidak diketahui, tubuh tidak mampu menggunakan insulin secara efektif. Lama kelamaan, produksi insulin semakin berkurang. Efek nya, bisa menimbulkan gejala yang hampir sama dengan diabetes tipe 1 disertai dengan penglihatan kabur dan proses penyembuhan luka atau infeksi lambat. Bahkan ada penderita yang tidak mengalami gejala sama sekali.

Ketiga, diabetes gestasional. Diabetes jenis ini hanya dialami oleh wanita hamil. Gejalanya sama dengan diabetes tipe 1 dan 2. Akan tetapi, perhatian lebih dikhususkan pada janin. Wanita hamil yang mengidap diabetes gestasional membutuhkan diagnosis dan perawatan yang segera untuk memastikan kesehatan janin dan ibu.
jenis diabetes
Penyebab Diabetes

Penyebab utama diabetes belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa faktor yang dipercaya dapat menyebabkan diabetes, antara lain :

Pertama, keturunan. Jika ada ayah atau ibu memiliki penyakit diabetes, maka kemungkinan risiko penyakit ini menurun kepada anak dan keturunannya semakin besar. Jika kedua orang tua memiliki diabetes, maka risiko anak terkena diabetes semakin besar lagi.

Kedua, pola makan atau diet. Pola makan rendah serat, protein, serta tinggi kandungan gula memperbesar risiko terkena diabetes.

Ketiga, obesitas. Jika seseorang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berpotensi meningkatkan resistensi insulin, sehingga risiko terkena diabetes semakin tinggi.

Keempat, gaya hidup. Orang yang kurang gerak akan lebih besar risiko mengalami diabetes dibandingkan orang yang berolahraga sedikitnya tiga kali seminggu.

Kelima, hipertensi. Berbagai penelitian menunjukkan adanya hubungan antara tekanan darah tinggi dengan penyakit diabetes.

Penanganan diabetes dapat dilakukan dengan menjaga kadar gula darah agar tetap normal. Mengubah pola makan dan olahraga secara teratur merupakan cara yang baik untuk mencegah penyakit diabetes. (Baca juga : 10 Alasan Mengapa Olahraga Sangat Penting Untuk Anda)

Jika Anda mengalami gejala yang diduga diabetes, maka sebaiknya segera diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.