Ini Dia 4 Manfaat Penting Wortel Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang tidak kenal dengan sayur wortel? Buah berwarna jingga dengan bentuk seperti kerucut yang memanjang, membuatnya mudah untuk dikenali. Tapi, ada juga berbagai jenis buah wortel yang memiliki beragam warna antara lain putih,ungu, dan merah. Sayur wortel terkenal akan khasiat nya untuk menjaga kesehatan mata. Wortel dapat dijadikan bahan masakan, dibuat jus, bahkan dapat dimakan langsung.

Wortel merupakan sumber karbohidrat, makanan rendah lemak, serat, dan protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Dan yang paling terkenal dari wortel adalah mengandung kaya akan vitamin A. Kandungan gizi yang ada pada wortel antara lain vitamin B, C, potasium, zat besi, kalsium, fosfor, dan magnesium.

Kandungan gizi yang banyak membuat wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Apa saja?
khasiat wortel bagi tubuh
Mengkonsumsi sayur wortel bermanfaat bagi tubuh kita via www.pixabay.com
Pertama, menjaga kesehatan mata. Hasil penelitian di Jules Stein Institute di University of California Los Angeles menemukan bahwa wanita yang mengkonsumsi wortel paling tidak dua kali tiap minggu memiliki risiko terkena penyakit glaukoma lebih rendah daripada wanita yang makan wortel kurang dari dua kali per minggu.

Kedua, sebagai anti kanker. Hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa zat polyacetyneles terutama falcarinol pada ekstrak buah wortel dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dalam usus besar. Hasil penelitian lainnya menemukan bahwa mengkonsumsi wortel sekitar 1,5 cangkir jus wortel segar setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan sel usus.

Ketiga, mencegah penyakit kardiovaskuler. Zat fitonutrien pada wortel terutama polyacetylenes diyakini dapat membantu melawan penyakit kardiovaskuler. Hasil penelitian yang dilakukan di Belanda menunjukkan bahwa orang yang mendapatkan banyak asupan wortel memiliki risiko terkena penyakit kardiovaskuler lebih rendah daripada orang dengan asupan wortel sedikit.

Keempat, sebagai antioksidan. Wortel mengandung banyak zat antioksidan antara lain beta karoten dan vitamin C. Antioksidan dapat mengusir radikal bebas yang berbahaya dari tubuh. Vitamin A pada wortel juga bermanfaat untuk detoksifikasi (membersihkan racun dari dalam tubuh).

Sumber:  Dari berbagai sumber