Pengalaman Pertama Install Puppy Linux Tahr 6.0 di USB

Halo kawan, entah kenapa beberapa hari ini Sarkliwon sangat penasaran dengan sistem operasi selain Windows. Baca sana baca sini, akhirnya pilihan jatuh kepada Puppy Linux. Dari ulasan berbagai blog, Puppy Linux terkenal sebagai sistem operasi yang khusus untuk komputer maupun laptop jadul dengan spesifikasi rendah.

Dan menariknya lagi, Puppy Linux, bisa diinstal melalui USB Flashdisk. Kebetulan, Sarkliwon mempunyai satu MicroSD berkapasitas sekitar 4 Gigabyte dan card reader. Netbook yang saya pakai adalah HP Mini 210 dengan RAM 1 Gb.

Langkah pertama, saya mengunjungi situs resmi Puppy Linux di www.puppylinux.org. Kemudian memilih "Download Latest Release". Nah, di situ ada tiga pilihan yaitu Tahr 6.0 CE, Quirky, dan Slacko Puppy. Saya pilih Tahr 6.0 dulu. Setelah itu, file berekstensi .iso saya download. Filenya kecil yaitu 199 MB saja.

Langkah kedua, saya download dulu Unetbootin untuk menginstall Puppy Linux di USB nantinya. setelah selesai diunduh, kemudian diinstall. Tampilannya kurang lebih seperti di bawah ini.
terima kasih buat Ryadyawan.wordpress.com atas ilmu yang dibagikan
Tidak lupa sebelumnya, saya masukkan card reader berisi MicroSD ke dalam USB drive. Pada pilihan 'Distribution" saya memilih "Puppy Linux". Setelah menentukan letak "Drive" nya, kemudian klik "OK". Di tahap ini, saya harus menunggu selama beberapa menit, karena file .iso Puppy Linux sedang diekstrak ke USB. Jika sudah selesai ekstrak filenya, maka akan muncul perintah untuk "Reboot" atau "restart". Kemudian saya klik tombol "Reboot".

Langkah ketiga, ketika netbook booting, saya tekan tombol "delete" untuk masuk ke instalasi Puppy Linux. Pada tahap ini, lumayan lama proses instalasinya. Jika sudah selesai, maka tampilannya akan seperti ini ;

Benar juga ternyata, Puppy Linux benar-benar ringan. Menu-menunya masih sederhana. Saya coba membuka aplikasi Abiword (masih kalah jauh dengan Ms. Word) dan Gnumeric (ini juga versi sangat sederhana dari Ms.Excel). Ada juga MtPaint dan Inkscape untuk membuat dan mengedit gambar, tapi masih kalah jauh dari Photoshop. 

Sarkliwon anggap wajar, karena memang Puppy Linux hanya diperuntukkan bagi komputer dan laptop jadul atau spesifikasi rendah. Sayangnya, untuk koneksi internet masih belum bisa. Saya masih kesulitan untuk menginstal modem Huawei yang sering saya pakai untuk mengakses internet.

Untuk sementara itu dulu, nanti kalau ada perkembangan baru mengenai Puppy Linux, semoga bisa saya bagikan lagi di blog ini. Semoga bermanfaat.